Teknik Menulis Hebat: Jual Kepada Pembaca Anda Pada Apa Yang Penting


Tinjauan

Kami membosankan, judul dan tulisan yang steril tidak banyak membantu Pengguna kami untuk membaca bagian dokumentasi produk yang akan sangat bermanfaat bagi mereka. Artikel ini menyajikan dua contoh dunia nyata, bagaimana mereka mengecewakan pengguna mereka, dan bagaimana memperbaiki masalah.
Baca juga artikel tentang Teknik Menulis Hebat: Jadikan Produk Anda Sesuai.

Bukan Legal & Disclaimers

Meskipun bagian Legal dan Disclaimer dari dokumentasi Anda penting untuk melindungi perusahaan Anda (dan perlindungan perusahaan Anda seharusnya menjadi tujuan utama dalam pekerjaan Anda), ini bukan yang sedang kita bicarakan di sini. Sebagai gantinya, kami membahas topik Dokumen yang sering diabaikan, namun penting bagi Pengguna Anda.

Kita akan melihat dua contoh dimana Penulis Dokumen harus mendorong Reader untuk menyelidiki materi tambahan. Saran saya adalah untuk "mengiklankan" topik, dengan menggunakan tulisan yang menggoda, untuk mendesak Pengguna membaca topik yang relevan.

Aturan Hidup (Menulis)

Jika Pengguna mengetahui satu cara untuk melakukan sesuatu, dia ragu untuk repot-repot belajar tentang cara lain. Anda, sebagai penulis dokumen, harus menjual Reader tentang manfaat dari cara "lain" (lebih baik).

Contoh: Microsoft Word (tm) Styles

Sebagian besar pengguna power dari Microsoft Word (tm) menggunakan "gaya", bukan format manual, untuk memformat dokumen mereka. Pengguna Baru dan Santai tidak tahu tentang alat canggih ini (tersedia di sebagian besar pengolah kata). Dokumentasi Pengguna Word tidak banyak membantu Pengguna untuk belajar tentang gaya.

Dokumen Pengguna Word berbicara tentang karakter pemformatan, paragraf, dll. Di dalam dokumen ada bagian "gaya". Tapi kenapa User harus membaca bagian itu? Gaya tampaknya hanya cara lain untuk memformat karakter, paragraf, dll. Bagian pemformatan hanya memberi tahu mereka bagaimana melakukan ini.

Pengguna Power tahu bahwa untuk sesuatu yang lebih lama dari beberapa huruf halaman, gaya memberi banyak manfaat.

Dokumenter: Jual Pembaca pada topik penting! Dorong Pengguna Anda untuk membaca materi tambahan. Microsoft seharusnya menambahkan sesuatu seperti ini di akhir bagian pada format manual:

"Sebaiknya gunakan 'gaya' untuk memformat dokumen lebih lama dari beberapa huruf halaman. Lihat Bab XX untuk belajar tentang gaya."

Contoh: Gas Barbekyu Aman Untuk Dimatikan

Headline Dokumen Gas Barbecue User mengatakan: "Cara Menutup Barang Anda."

Pembaca Berpikir: "Saya tahu bagaimana melakukan ini," dan tidak membaca materinya.

Jika Pengguna Anda melakukan hal-hal yang tidak benar atau salah maka judul utama tidak akan membantu mereka memperbaiki cara mereka. Mari coba judul yang lebih meyakinkan untuk ini:

"Kebanyakan Orang Menutup Barbecues Mereka dengan Bijak: Inilah Jalan yang Benar"

Atau bahkan lebih fokus lagi:

"Anda mungkin mematikan barbekyu Anda dengan tidak hati-hati: inilah cara yang benar"

Kata-kata ini terdengar seperti Anda menjual produk ke User. Tapi Anda tidak. Anda menggunakan teknik pemasaran untuk membuat Pengguna membaca materi penting.

Omong-omong: Jika Anda memiliki barbekyu gas, bandingkan bagaimana petunjuk memberitahu Anda untuk mematikannya, dan bagaimana Anda benar-benar menutup barbeque off.

"Lihat Juga" terlalu Bland

Jangan jatuh ke dalam perangkap hanya dengan menambahkan bagian "Lihat Juga" yang relevan. Tidak apa-apa jika memberi tahu Pembaca di mana menemukan informasi tambahan, namun tidak melakukan apa pun untuk meyakinkan Pembaca Anda untuk membaca materi tambahan penting. Jika materi tersebut bermanfaat nyata bagi Pembaca maka juallah saat membacanya. Bandingkan ini:

Lihat juga: Styles, Bab XX

* Sebaiknya gunakan "gaya" untuk memformat dokumen lebih lama dari beberapa surat halaman. Lihat Bab XX untuk belajar tentang gaya.

Jika Anda membaca Dokumen Pengguna, dari dua judul di atas mana yang akan membuat Anda belajar tentang gaya? (Jika Anda memberi jawaban 'salah', maka mintalah beberapa orang lain ;-)

Garis bawah

Dengan menjual Reader tentang apa yang Anda (atau pakar materi pelajaran Anda) anggap penting (di luar pernyataan hukum dan disclaimer) Anda menambahkan pengetahuan Anda ke dokumen. Akibatnya, Anda berkata, "Saya pikir Anda harus membaca topik ini karena ini bisa membantu Anda." Itu adalah hal yang baik untuk dikatakan, terutama karena ini mencerminkan sikap baik Anda terhadap Pembaca

0 Response to "Teknik Menulis Hebat: Jual Kepada Pembaca Anda Pada Apa Yang Penting"

Posting Komentar

wdcfawqafwef